Cara Menambah Kapasitas Internal Memory Android


Link2SD

Bagi Anda pengguna Android dengan kapasitas Internal Memory yang minim tentu tidak akan leluasa untuk menginstall aplikasi. Ada cara untuk menambah kapasitas Internal Memory pada perangkat Android.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Pastikan Android Anda ada akses root.
  • Melakukan Partisi SD Card.
  • Menginstall Link2sd pada Android Anda.

Partisi SD Card setidaknya ada 3 cara:

Di sini akan dibahas tentang cara partisi SD Card menggunakan ClockWorkMod Recovery. Bila Android Anda belum terinstall CWM silahkan lihat di sini (Galaxy Mini).

Setelah selesai install CWM Anda siap melakukan partisi SD Card. Walaupun partisi bisa dibuat tanpa Factory Data Reset (format hp), namun agar hasilnya optimal sebaiknya lakukan formatting. Bila tidak ingin melakukan Factory Reset lewati langkah 5 dan 6:

  1. Backup/copy SD Card karna akan terformat
  2. Sebaiknya gunakan size 4GB atau lebih
  3. Matikan Gadget Anda
  4. Nyalakan Recovery Mode
  5. Wipe data/factory reset -> Yes – delete all user data
  6. Wipe cache partition -> Wipe cache
  7. Advanced (jangan reboot recovery)
  8. Partition SD Card -> Ext size : 1024M -> Swap size : 128M
  9. Tunggu proses selesai ( Done! ) -> Reboot recovery -> Reboot system now.

Partisi SD Card telah selesai, selanjutnya:

Link2SD

  1. Install Link2sd lebih dulu sebelum yang lainnya.
  2. Buka aplikasi Link2SD -> Pilih tipe Ext3 (untuk cara ini), atau pilih sesuai tipe yang Anda pilih bila melakukan partisi menggunakan Mini Tool atau AParted.
  3. Muncul notifikasi dari Super User (akses root) -> pilih Allow forever -> Reboot Android.
  4. Buka Link2SD settings -> centang relink lib files at boot dan relink dex files at boot. Centang juga auto link agar setiap kali install aplikasi tidak sempat okupasi internal memory.

Selesai. Anda bisa lebih leluasa menginstall bermacam aplikasi. Internal memory yang hanya 178 MB bisa dipasang aplikasi hingga 500MB lebih bisa beroperasi lancar tanpa hambatan.

Tips:

  • Google Play Store dan Google Play Services sebaiknya dibuatkan link karna ukurannya 40 MB lebih. Tekan lama Aplikasi hingga muncul menu -> Create link -> sentang semua link -> OK.

 create link create link2 linkedtosd

  • Mungkin ada beberapa aplikasi yang sebaiknya berada di Internal Memory. Cara mengembalikan (menghilangkan link) sama dengan waktu membuatnya, tekan aplikasi beberapa saat -> pilih Remove link -> centang semua unlink -> OK.
  • Sebagaimana pada umumnya, sekali waktu Anda perlu membersihkan memory, Clean Master pilihan yang baik.

Dimikian selamat mencoba.

Mungkin Anda perlu melihat:

11 pemikiran pada “Cara Menambah Kapasitas Internal Memory Android

  1. gan kalo udah ikutin cara di atas tapi pas di link ke sd malah ngabisin memori internal bukan ke sd card 2nd part , gmna solusinya ?

    Suka

    • Adit, apakah Anda melihatnya di Settings -> Storage ? Memang terdeteksi memakan memory internal, ini semacam manipulir memory. Check gambar di bawah, total memory: 178 MB tapi bisa menyimpan aplikasi 307 MB dan masih tersisa 50 MB.. ini bisa ditambah aplikasi lagi tergantung berapa Anda buat ukuran sd-extnya.

      Suka

Tinggalkan komentar